- Merumuskan tujuan protap
-
Menentukan judul
- Menentukan kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan protap :
-
Menterjemahkan policy/kebijakan/ketentuan-ketentuan/peraturan-peraturan
kebijakan berguna untuk :
a.
Terjaminnya suatu kegiatan
b.
Membuat standar kinerja
c. Menyelesaikan suatu
konflik dalam tim kerja
- Membuat aliran proses
-
Bentuk bagan-bagan yang
menggambarkan proses atau urutan jalannya suatu produk/tatacara yang mencatat
segala peristiwa;
a.
Memberi gambaran lengkap tentang
apa yang dilaksanakan
b.
Membantu setiap pelaksanaan untuk
memahami peran dan fungsinya dengan pihak lain.
-
Syarat suatu bagan harus dibuat
atas dasar pengamatan langsung, tidak boleh dibuat atas dasar apa yang diingat
serta disusun dalam “Flow of Work”
Teknik membuat
pertanyaan-pertanyaan dasar :
a. Tujuan : Apa
sebenarnya yang dikerjakan dan mengapa ?
b. Tempat : Dimana saja
dilakukan dan mengapa ?
c. Urutan : Kapan
dilakukan dan mengapa waktu itu ?
d. Petugas : Siapa yang
melakukan dan mengapa oleh dia ?
e. Cara : Metoda apa yang dipakai dan mengapa dengan
caa itu ?
- Menyusun prosedur atau pelaksanaan kegiatan; Prosedur atau pelaksanaan disusun berdasarkan atas hasil pertanyaan-pertanyaan tersebut diatas (flow of work) yang menggambarkan suatu unit kegiatan yang terbagi habis à tercapai kepuasan kerja dan tercapainya tujuan.
Penerapan standar
kebidanan di suatu wilayah/daerah perlu diikuti dengan :
|
KESIMPULAN
Standar sangat diperlukan dalam pelayanan
keperawatan dan kebidanan. Standar sangat membantu perawat dan bidan
untuk mencapai asuhan yang berkualitas. Tingkatan standar terbagi menjadi dua yaitu standar minimum dan standar
optimum. Standar minimum harus dicapai oleh perawat dan bidan, sementara
standar optimum adalah suatu keadaan ideal yang ingin dicapai. Ada empat ketentuan standar yaitu harus
tertulis, mengandung komponen struktur, proses, dan outcomes , berorientasi
pada pelanggan serta disetujui dan disyahkan oleh yang berwenang. Penggunaan
standar terutama pada tiga proses
evaluasi ; menilai diri sendiri, inspeksi, dan akreditasi.
EVALUASI
1. Jelaskan pengertian standar yang anda ketahui !
2.
Apakah komponen-komponen standar ?
Jelaskan dengan singkat!
3.
Jelaskan manfaat standar !
4. Jelaskan perbedaan
standar Minimum dan Optimum !
5. Apakah manfaat
penggunaan standar ?
KEPUSTAKAAN
Ann Marriner-Tomey (1996). Guide To Nursing Management and
Leadership. Method of Evaluation. Mosby-Year Book, Inc St. Louis, USA
Heidemann EG. The Contemporary Use of Standards in Health Care. Geneva.
WHO; 1993.
Katz JM, Green E. Managing Quality: A Guide to System-Wide Performance Management in
Health Care. 2nd Ed. St. Louis. Mosby; 1997.
eissenheimer CG. Improving Quality: Guide to Effective Program. 2nd
Ed. Maryland. Aspen Pub; 1997.
Sale D. Quality Assurance for Nurses and Other Members of The Health Care
team. 2nd Ed. London. MacMillian; 1996.
Swansburg, A.C (1996). Management
and Leadership for Nurse Managers. Jones and Bartlett Publishers International,
London England.
Jacqucline M. Katz & Eleanor Green; “Managing Quality, A Guide to System-wide
Performance Management In Health
Care”
Direktorat UMDK, Dit.Jend. Yan.Med.DEPKES RI “Petunjuk Teknis Penyusunan
Prosedur
Tetap Kegiatan Rumah Sakit Swadana”, Jakarta 1995
No comments:
Post a Comment