Sunday, October 19, 2014

Prioritas Dimensi dan Fungsi Keperawatan dan Kebidanan untuk Standarisasi



Langkah  I
1.      Buatlah daftar dimensi/area utama keperawatan/kebidanan di unit kerja anda. 
2.      Untuk setiap dimensi/area, tetapkan fungsi mana yang sangat penting (esensial).

Langkah  II
Kelompokkan fungsi tersebut diatas kedalam format dibawah ini berdasarkan kriteria yang terdapat disetiap kolom, yaitu:  resiko tinggi, volume tinggi, rawan masalah dan biaya tinggi.  Mungkin satu fungsi masuk kedalam satu/lebih kriteria yang ada dalam kolom ini.

Dimensi/Area
Resiko Tinggi
Volume Tinggi
Rawan Masalah
Biaya Tinggi
I




II




III





Langkah  III
Berdasarkan matrik diatas, tulislah kelompok fungsi yang masuk kolom fungsi kritis, sangat-sangat penting, sangat penting, dan penting seperti yang terlihat dalam matrik dibawah ini.  Matrik ini menunjukkan bahwa tingkat prioritas utama dalam sistem manajemen kinerja. Fungsi yang masuk kedalam empat kategori dipertimbangkan sebagai fungsi kritis.  Fungsi yang masuk kedalam tiga dari empat kategori dipertimbangkan sebagai fungsi yang sangat-sangat penting.  

Fungsi yang masuk kedalam dua dari empat kategori adalah sangat penting.  Terakhir, fungsi yang masuk kedalam kategori hanya satu adalah fungsi yang penting. 

Fungsi Kritis
Fungsi sangat-sangat penting
   Fungsi sangat
        penting
Fungsi penting










Kesimpulan: Fungsi kritis, fungsi sangat-sangat penting, fungsi sangat penting memerlukan pengukuran, sedangkan fungsi penting mungkin atau tidak memerlukan pengukuran.

No comments:

Post a Comment